Kisah Kami

WaniBisnis (WB) adalah media digital dan komunitas untuk wanita-wanita pebisnis yang memberi insight bisnis, pemasaran, manajemen, dan cara-cara menumbuhkan bisnis dengan teknologi digital. Kami ingin memberdayakan wanita-wanita pewirausaha—baik yang menjalankan usaha sampingan (side hustle), maupun yang berinovasi mengembangkan produk teknologi.

Banyak wanita yang merasa kurang percaya diri untuk mendirikan dan menjalankan usaha sendiri. Merasa tidak mampu, takut dianggap arogan, tidak punya kemampuan ataupun pengetahuan, dan sebagainya. Menjadi seorang pendiri bisnis atau founder itu bisa juga merasa kesepian. Bahkan akan terasa sangat sepi jika disekitar kita tidak ada yang memiliki "profesi" serupa.

Komunitas ini didirikan oleh Retno Ika Safitri, seorang wanita dengan pengalaman lebih dari 7 tahun di berbagai tech startups—salah satunya yaitu Bukalapak—dan kini memiliki perusahaan teknologi agrikultur yang berbasis di Estonia, yaitu Tanibox OÜ.

Sebagai founder perusahaan teknologi, ia paham betul hal-hal yang dibutuhkan oleh wanita dalam membangun usaha. Ia merasa cukup beruntung karena memiliki lingkungan yang—sekalipun didominasi pria—cukup suportif. Namun ia menyadari bahwa keberuntungan yang sama tidak dialami oleh wanita-wanita lain. Ia pun ingin menciptakan lingkungan yang aman, bersahabat, dan tidak menghakimi para perempuan pendiri perusahaan untuk mendapat berbagai informasi, wawasan, koneksi, dan kemampuan baru dalam mengembangkan usahanya.

Misi

Menjadi sistem pendukung terbaik bagi para pewirausaha wanita untuk meraih kesuksesan usaha, menciptakan dampak positif dan menyeimbangkan hidup.

  1. Zona Aman Bagi Wanita untuk belajar, melakukan kesalahan, memperbaiki kesalahan, bertanya hal-hal yang mungkin dianggap bodoh, dan hal-hal yang membuat wanita kurang nyaman di lingkungan patriarkis.
  2. Saling Berbagi dan Membimbing. Bagian penting dari leadership adalah menjadi role model atau panutan bagi orang lain, serta memiliki rencana yang tersusun dengan sangat baik untuk dapat menggapai kesuksesan usaha.
  3. Inklusif & Beragam, agar wanita dapat memiliki hak dan kewajiban yang setara dengan pria, dan diikutsertakan dalam proses pengambilang keputusan penting yang berdampak pada lingkungan sekitar dan masyarakat.
  4. Menciptakan Dunia yang Ingin Kita Lihat Bersama. Tanggung jawab untuk memajukan dunia tidak hanya terletak pada bahu pria saja. Wanita juga punya tanggung jawab serupa. Bagaimana bisa membuat dunia ini menjadi lebih baik jika para wanita tidak diikutsertakan dalam tugas penting ini?